Sosialisasi dan Penguatan Program Pengawasan di Lingkungan Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan


Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta mengikuti pertemuan Sosialisasi dan Penguatan Program Pengawasan di Lingkungan  Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang diselenggarakan oleh Setditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes pada tanggal 13-16 November 2019 di Hotel Harris Cimbuleuit, Jl. Cimbuleuit No. 50-58 Hegarmanah, Cidadap, Bandung. BBTKLPP Yogyakarta dihadiri  oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M. dan Kepala Instalasi Pelayanan Teknik, Sri Ningsih, S.ST., M.T.

Rangkaian acara pembukaan antara lain menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, laporan panitia dan sambutan pembukaan. Sesditjen P2P Bapak dr. Ahmad Yurianto dalam laporannya menyampaikan bahwa pertemuan direncanakan berlangsung selama empat hari yaitu tanggal 13-16 November 2019 dengan peserta dari Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenkes, Biro Hukum dan Organisasi Setjen Kemenkes, Para Direktur di Lingkungan Ditjen P2P, Kepala KKP seluruh Indonesia, Kepala BBTKLPP seluruh Indonesia, Kepala Bagian Advokasi Hukum Biro dan Organisasi Setjen Kemenkes, Para Kepala Sub Direktorat di Lingkungan Ditjen P2P, Para Kepala Bagian di Lingkungan Sekretariat Jenderal P2P, Para Kepala Sub Bagian Sekretariat Ditjen P2P dan Staf Bagian Hukormas. Jumlah undangan ada 109 orang.

Acara dibuka oleh Dirjen P2P  Bapak dr. Anung Sugihantono, M.Kes. yang dalam sambutannya menyampaikan tentang perbaikan yang harus dilakukan adalah aspek pola pikir, aspek pola sikap dan aspek pola tindak yang semuanya harus dibingkai dalam sebuah tatanan tata kelola yang benar. Disampaikan juga bahwa akan dilaksanakan pertemuan nasional yang direncanakan tanggal 4 Desember 2019.
Paparan yang disampaikan narasumber adalah sebagai berikut :

  1. Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kemenkes dengan narasumber Inspektur III Bapak Heri Radison, S.K.M., M.K.M. yang didampingi moderator  Sesditjen P2P Bapak dr. Ahmad Yurianto.
  2. Membangun Tata Kelola Pemerintahan yang Baik untuk Menciptakan Budaya Kerja Organisasi yang Bebas dari Konflik Kepentingan. Narasumber Inspektur Jenderal, Ibu drg. Murti Utami, M.P.H. dengan moderator Sesditjen P2P Bapak dr. Ahmad Yurianto
  3. Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Narasumber dari Inspektur II, Bapak Muh. Nur Nasirudin dengan moderator Ibu Naning
  4. Strategi Pengendalian Gratifikasi, LHKPN dan LHKASN. Narasumber Ka.Bag. TU dan Kepegawaian Bapak Dedi Mulyadi didampingi Bapak Iwan Sofian Fauzi, S.K.M.
  5. Permenkes RI No. 24 Tahun 2019 tentang Penanganan Konflik Kepentingan di Lingkungan Kemenkes. Narasumber Ka.Bag. TU dan Kepegawaian Bapak Dedi Mulyadi didampingi Bapak Iwan Sofian Fauzi, S.K.M.
  6. Manajemen Risiko di Lingkungan Kemenkes. Narasumber dari Inspektur I Bapak Edward Harefa dengan moderator Kepala KKP Soekarno Hatta Bapak Anas Ma'ruf, M.K.M.

Setelah seluruh rangkaian acara selesai, acara ditutup oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M. dengan harapan kita dapat melaksanakan pengawasan dengan sebaik mungkin