Sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) Penghapusan dan Penarikan Alat Kesehatan Bermerkuri di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Yogyakarta


Pada tanggal 15 dan 16 November 2019, BBTKLPP Yogyakarta mengikuti undangan Sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) Penghapusan dan Penarikan Alat Kesehatan Bermerkuri di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Hotel Novotel Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Direktorat Kesehatan Lingkungan Ditjen Kesehatan Masyarakat. Acara dihadiri oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr. Irene, M.K.M dan Kepala Bidang ADKL Feri Astuti, S.T., M.P.H. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan panitia penyelenggara yang disampikan oleh Kasubdit Pengaman Limbah dan Radiasi Direktorat Kesehatan Lingkungan Jelsi Natalia Marampa. Dalam laporannya disampaikan bahwa tujuan kegiatan ini agar semua Kab/Kota dan Fasyankes yang ada di DIY dapat segera tersosialisasi Permenkes RI No. 41 tahun 2019 dan dapat segera diimplementasikan di semua Fasyankes sehingga akhir tahun 2020 semua Fasyankes di DIY telah melaksanakan penghapusan alat kesehatan bermerkuri seperti thermometer, tensimeter, dan dental malgam serta dapat menjadi model bagi provinsi lainnya. Peserta sosialisasi terdiri dari Dinas Kesehatan Kab/Kota se DIY, Rumah Sakit, Puskesmas, dan Organisasi Profesi. Setelah laporan dari penyelenggara, dilanjutkan dengan ucapan selamat datang oleh Kepala Dinkes DIY dan sambutan/arahan serta pembukaan secara resmi oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemberian materi dan diskusi. Adapun materi yang disampaikan antara lain Isu, Tantangan dan Upaya Kementerian Kesehatan dalam Pengelolaan Limbah Medis, Penghapusan dan Penarikan Alat Kesehatan Bermerkuri disampaikan oleh  Direktur Kesehatan Lingkungan; Dukungan Fasilitas Pelayanan Kesehatan dalam Pengelolaan Limbah Medis, Penghapusan dan Penarikan Alat Kesehatan Bermerkuri disampaikan oleh Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan; Dukungan Pemerintah DIY dalam Pengelolaan Limbah Medis, Penghapusan dan Penarikan Alat Kesehatan Bermerkuri disampaikan oleh Kepala Dinkes DIY; Mekanisme Penarikan dan Penghapusan Alat Kesehatan Bermerkuri (Permenkes RI No. 41 Tahun 2019) disampaikan oleh Kasubdit PLR. Acara dilanjutkan dengan FGD untuk diskusi terarah tentang mekanisme dalam penghapusan dan penarikan alat kesehatan bermerkuri serta langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan dalam penghapusan dan penarikan alat kesehatan bermerkuri di Fasilitas Pelayanan Kesehatan serta dilakukan penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL). Sebelum penutupan dilakukan penandatanganan kesepakatan penarikan alat kesehatan bermerkuri, kemudian acara sosialisasi ditutup oleh Kasubdit PRL.