Pertemuan Desk dan Reviu Catatan Halaman IV DIPA (Blokir) Ditjen P2P TA. 2020


Bekasi. Ditjen P2P Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan desk dan reviu catatan halaman IV DIPA (Blokir) Ditjen P2P TA. 2020 yang berlangsung dua periode 14 sd 17 Januari 2020 dan 21 sd 25 Januari 2020. Pertemuan dihadiri oleh peserta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen P2P yang memerlukan proses pengguguran blokir (bintang) di halaman IV DIPA masing-masing satker. Pelaksanaan proses reviu ini dilakukan oleh Ditjen P2P selaku unit utama, Biro Perencanaan dan Anggaran Kemkes serta Itjen Kemkes RI secara bertahap

BBTKLPP Yogyakarta diwakili oleh Kasubag Program dan Laporan beserta tim perencananya. Pada kesempatan ini Sesditjen P2P memberikan arahan atas beberapa hal terkait kebijakan perencanaan dan anggaran tahun 2020. Diharapkan semua satker dapat mematuhi rambu tersebut dan meningkatkan koordinasi dalam implementasinya.

Rangkaian paparan narasumber dari Kementerian Keuangan (DJA) dan Inspektorat Jenderal Kemkes RI memberikan sosialisasi dan pemutakhiran informasi terkait hal serupa. Kementerian Keuangan memsosialisasikan terkait tata cara revisi yang berlaku di Tahun Anggaran 2020 dan gambaran penggunaan Aplikasi SAKTI yang kedepan akan digunakan sebagai media input data usulan perencanaan menggantikan Aplikasi RKAKL offline yang selama ini digunakan. Narasumber Inspektorat Jenderal Kemenkes RI menyampaikan bahwa tugas utama Itjen adalah mengawal aturan yang berlaku, sehingga diharapkan usulan satker dapat memenuhi kaedah aturan yang berlaku. Reviu yang dilakukan Inspektorat Jenderal selaku APIP Kemkes tidaklah memindahkan tanggungjawab pelaksanaan anggaran satker kepada Itjen Kemkes RI. Tanggungjawab pelaksanaan anggaran termasuk kebenaran data sepenuhnya menjadi tanggung jawab satuan kerja.

Setelah rangkaian acara paparan narasumber berakhir, satuan kerja kemudian melaksanakan reviu berjenjang selama dua periode penuh dalam rangka menggugurkan blokir pada dokumen anggaran DIPA Satker. BBTKLPP Yogyakarta melakukan proses pengguguran bintang halaman IV DIPA untuk kegiatan pengadaan Alat Laboratorium dengan berbekal surat KepDirjen P2P No.HK02.02/I/3130/2019 tentang Standarisasi Instalasi Teknis, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, serta Penetapan Layanan Unggulan pada Unit Pelaksana Teknis di Bidang Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit. Proses buka blokir ini berjalan lancar dengan diterbitkannya Catatan Hasil Reviu (CHR) oleh Tim APIP dengan bersih tanpa catatan. CHR ini kemudian akan menjadi pendukung proses pembersihan halaman IV DIPA BBTKLPP Yogyakarta di Kementerian Keuangan. Harapannya proses lanjutin ini akan berlangsung dengan lancar, baik dan tidak terkendala agar kegiatan dapat dilaksanakan dan pelayanan dapat diberikan segera kepada masyarakat.