Pertemuan Rekonsiliasi Dan Reviu Laporan Keuangan UAPPA/B Esselon 1 Ditjen P2P Ta 2019 (Satker, Kantor Pusat Dan Dekonsentrasi).


Pertemuan  diselenggarakan oleh Ditjen P2P Kementerian Kesehatan RI dalam rangka Penyusunan Laporan Keuangan (LK)  Tahunan Tingkat Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran/ Barang Eselon 1 (UAPPA/B E-1) TA 2019 di Bekasi tanggal  20- 25 Januari 2020 yang disusun dan disampaikan secara berjenjang dengan kualitas yang lebih baik guna mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berkelanjutan.

Kegiatan ini dihadiri oleh petugas SAIBA, petugas SIMAK BMN dan PIPK. Untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan, Kementerian Keuangan telah melakukan terobosan baru dengan menyediakan aplikasi berbasis web atau disebut e-Rekon-LK untuk kegiatan rekonsiliasi dan penyusunan laporan keuangan sehingga proses rekonsiliasi dapat dilakukan semua satuan kerja secara mandiri, terciptanya single database serta mempercepat proses penyusunan dan penyampaian laporan keuangan kementerian/lembaga.

Materi pertemuan dimulai dengan Arahan Sekretaris Ditjen P2P, dr. Achmad Yurianto sekaligus membukaan Pertemuan, Peranan APIP dalam Penyusunan Laporan Keuangan Kemenkes TA 2019, Mekanisme Reviu LK Tahunan TA 2019, Evaluasi Laporan Keuangan TA 2018 dan Penyusunan Laporan Keuangan Tahunan TA 2019, Update Aplikasi SAIBA dalam penyusunan LK Tahunan 2019, Sosialisasi Jabatan Fungsional Tertentu Penata Laksana Barang serta  Sosialisasi Permenkes 42 Tahun 2019.

Selanjutnya dilaksanakan desk LK dan  penilaian laporan PIPK yang sudah menggunakan aplikasi e-PIPK. Setelah dilakukan review dan ada ketidaksesuaian maka dilakukan perbaikan.  Pelaksanaan reviu Laporan Keuangan oleh tim Itjen dilakukan melalui E-Reviu secara pararel dengan  Desk LK dan PIPK oleh Tim Desk Eselon I. Terakhir Penyerahan IHR-CHR  serta Berita Acara Penyerahan Data Laporan PIPK