Persiapan Dan Pengumpulan Data Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Potensial KLB/Wabah Di Lingkungan Sekolah Di Kabupaten Wonogiri


Persiapan dan pengumpulan data Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Potensial KLB/Wabah di Lingkungan Sekolah di Kabupaten Wonogiri dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2020 oleh Kepala Seksi Lingkungan Fisik Kimia (Tri Setyo Winaryanto, S.T., M.Sc.) serta Tim Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Potensial   KLB/Wabah di Lingkungan Sekolah BBTKLPP Yogyakarta (Anjas Wulansari, S.K.M., M.P.H. dan Yeni Yuliani, S.Tr.Kes.).  Di Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, tim menemui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Bapak Abdulah, S.E., M.M. beserta staf.  Diskusi mengarah pada kriteria pemilihan lokasi kegiatan berdasarkan data kasus DBD atau keracunan makanan di sekolah. Dinas Kesehatan menyampaikan masukan 3 wilayah puskesmas dengan angka kasus DBD tinggi yaitu : Puskesmas Wonogiri 2,  Puskesmas Selogiri, dan Puskesmas Sidoharjo. Koordinasi dilanjutkan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dengan didampingi oleh petugas Dinas Kesehatan.

Tim berdiskusi dengan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Bapak Sugino S.Pd. S.IP., M.Pd, Kepala Seksi Kurikulum Bapak Agung Budiyanto dan Kepala Seksi Penjaminan Mutu Bapak Bambang Suwondo. Dengan mempertimbangkan kasus DBD dan diskusi bersama petugas Dinas Kesehatan yang mendampingi, kegiatan akan dilaksanakan di 3 wilayah Puskesmas antara lain: wilayah Puskesmas Wonogiri 2, Puskesmas Selogiri, dan Puskesmas Sidoharjo.  Baik Dinas Kesehatan maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonnogiri siap membantu pelaksanaan pengambilan sampel Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Potensial  KLB/Wabah di Lingkungan Sekolah di Kabupaten Wonogiri yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020.