Assesmen Laboratorium Penguji dan Laboratorium Kalibrasi BBTKLPP Yogyakarta oleh Komite Akreditasi Nasional


Pada  tanggal 3 – 4 Februari 2020 telah  dilakukan Survailen II Laboratorium Penguji dan Survailen tidak terjadwal (verifikasi lapangan) Laboratorium Penguji dan Laboratorium Kalibrasi BBTKLPP Yogyakarta oleh Komite Akreditasi Nasional  (KAN).  Survailen dilakukan  oleh Tim Asesor yaitu Ibu Herlin Rosdiana, Bapak Nur Wachid, Bapak Yuli Purwanto, Ibu Eti Sumiati, Ibu Rina Aprishanty, dan Ibu Efadeswarni. Pada acara itu juga mendapatkan kunjungan monitoring dari Sekjen KAN drs.  Kukuh S.  Achmad, MSc. Tujuan Survailen ini adalah untuk melihat kesesuaian dokumen sistem mutu dan implementasinya dengan SNI ISO/IEC 17025:2017 dan  memverifikasi perubahan lokasi guna  mempertahankan status akreditasi Laboratorium Penguji dan Laboratorium Kalibrasi BBTKLPP Yogyakarta.

Acara dibuka oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr.  dr.  Irene,  MKM.  Diharapkan agar Laboratorium Penguji dan Laboratorium Kalibrasi BBTKLPP Yogyakarta bisa mempertahankan status akreditasinya.  Setelah itu disampaikan tujuan survailen dan dilanjutkan tinjauan ke laboratorium oleh Tim Asesor.  Hasil dari surveilan ini adalah Laboratorium telah berupaya untuk menerapkan SNI ISO/IEC 17025:2017 dengan konsisten, namun dalam operasinya masih terdapat sejumlah ketidaksesuaian terkait Personel; Peralatan; Ketertelusuran Metrologi; Kaji Ulang Permintaan, Tender dan Kontrak; Pemilihan, Verifikasi dan Validasi Metode; Pengambilan Contoh; Rekaman Teknis; Pemastian Keabsahan Hasil; Pelaporan; Pengendalian Rekaman dan Audit Internal. Tim asesmen akan merekomendasikan agar status akreditasi tetap diberikan, bila seluruh ketidaksesuaian telah ditindaklanjuti dengan baik dan berstatus memenuhi, dalam waktu yang telah disepakati.

Acara ditutup oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr.  dr.  Irene,  MKM.  Dalam penutupannya  diucapkan terima kasih kepada Tim Asesor yang telah mengases dan memberikan masukan. Laboratorium Penguji dan Kalibrasi  BBTKLPP Yogyakarta akan segera melakukan tindak lanjut sesuai dengan waktu yang telah disepakati guna mempertahankan status akreditasi sesuai SNI ISO/IEC 17025  : 2017.