Pembahasan dan Penelaahan Usulan Perencanaan Anggaran Pembahasan dan Kegiatan Program P2P TA. 2021


Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P) Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan Pembahasan dan Penelaahan Usulan Perencanaan Anggaran Kegiatan Program P2P T.A. 2021. Penyelenggaraan kegiatan dibagi dalam dua regional, yaitu regional Barat dan Timur. BBTKLPP Yogyakarta menjadi peserta regional Barat yang diselenggarakan di Palembang, Sumatera Selatan, pada tanggal 3 s.d. 7 Februari 2020. Pertemuan dihadiri oleh peserta Satuan Kerja (Satker) Pusat, 28 Unit Pelaksana Teknis (UPT), dan Dekonsentrasi dari 18 Provinsi. Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr Irene, MKM menghadiri acara ini bersama Kepala Bagian TU dan Kepala Sub Bagian Program dan Laporan beserta tim perencananya.

Pada kesempatan ini Sesditjen P2P yang diwakili Kabag PI memberikan arahan atas beberapa hal terkait peraturan-peaturan yang mendasari penyusunan perencanaan dan anggaran tahun 2021. Semua satker dapat menyusun perencanaan yang fleksibel yang dapat mengantisipasi peristiwa/masalah yang terjadi. Selain itu, ditegaskan agar satker benar-benar memperhatikan program prioritas nasional tanpa mengesampingkan prioritas bidang.

Pada kesempatan ini, narasumber dari Biro Perencanaan dan Anggaran Kemenkes memaparkan kebijakan umum perencanaan dan anggaran Kemenkes tahun 2021, yang dilanjutkan dengan refreshing tentang implementasi e-Renggar dalam penyusunan usulan perencanaan tahun 2021.
Setelah arahan dan pemaparan oleh narasumber, BBTKLPP Yogyakarta mengikuti proses desk dengan Unit Utama melalui verifikasi tentang pemenuhan dan kesesuaian usulan kegiatan dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan terkait.
Kegiatan ini diharapkan menjadi awal dari proses penyusunan perencanaan yang baik kedepannya, sehingga diperoleh perencanaan yang tepat sasaran dan memberikan manfaat kepada masyarakat.