Surveilans Faktor Risiko Penyakit Potensial KLB/Wabah Pada Embarkasi Haji Donohudan Kabupaten Boyolali, Jawa tengah


Pada tanggal 13 Februari 2020, tim BBTKLPP Yogyakarta yang diwakili oleh Kepala Seksi Lingkungan Fisik dan Kimia, Tri Setyo Winaryanto, S.T., M.Sc melaksanakan kegiatan pengumpulan data ke  Asrama Donohudan Kabupaten Boyolali. Petugas BBTKLPP Yogyakarta diterima oleh Kepala Seksi, Joko Pujiyono, SE., M.Si, berdiskusi tentang persiapan dalam rangka menyambut pelaksanan haji tahun 2020, pada kesempatan ini pihak pengelola asrama memerlukan informasi/masukan instansi terkait, baik sarana maupun pra-sarana untuk perbaikan fasilitas yang layak dalam kesiapan pelayanan pelaksanaan haji tahun 2020. Pada kesempatan ini petugas BBTKLPP Yogyakarta melanjutkan mengikuti pertemuan Pemantauan Hygiene dan Sanitasi Asrama Haji Donohudan Pra Embarkasi yang bertempat di Ruang VIP Madinah Asrama Donohudan Boyolali yang diselenggarakan oleh KKP Semarang.

Pertemuan dibuka oleh Kepala KKP Semarang, dr. Aryanti, M.M., M.K.M dilanjutkan sambutan dari Kepala Pusat Kesehatan Haji yang diwakili oleh Bapak Maman H serta sambutan dari Surveilans dan Karantina Kesehatan Ditjen P2P yang diwakili oleh Bapak Edi Prianto. Dalam kesempatan ini kepala KKP Semarang memaparan hasil pemantauan Hygiene dan Sanitasi Asrama Haji Donohudan. Setelah itu dilakukan pembagian kuesioner pedoman pemantauan dan hygiene sanitasi Asrama Haji Donohudan sebagai alat cek kondisi lapangan. Peserta  melaksanakan cek lapangan dan hasilnya kemudian disampaikan setelah Ishoma.

Berdasarkan hasil cek lapangan, didapatkan ada beberapa temuan yang kurang layak, dan selanjutnya dibuatkan berita acara sebagai bahan laporan ke Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah. Diharapkan masukan tersebut dapat ditindaklanjuti perbaikan sarana dan pra-sarana sebelum embarkasi haji tahun 2020.