Sosialisasi Pembebasan Bea Masuk dan Cukai atas Impor Barang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan


Sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor : 200/PMK.04/2019 tentang Pembebasan Bea Masuk dan Cukai atas Impor Barang untuk Keperluan Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, pada tanggal 3 Maret 2020 Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Yogyakarta melaksanakan sosialisasi peraturan tersebut. BBTKLPP Yogyakarta merupakan salah satu dari 108 instansi yang diundang. Pada kesempatan kali ini BBTKLPP Yogyakarta diwakili oleh Sri Ningsih, S ST., M.T.  Pertemuan dilaksanakan di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta, Jl. Tentara Pelajar No. 13 Bumijo, Jetis, Kota Yogyakarta.

Pada pertemuan ini disampaikan materi tentang Pembebasan Bea Masuk dan Cukai atas Impor Barang untuk Keperluan Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan yang berisi dasar hukum, jenis fasilitas fiskal, cakupan fasilitas, subyek fasilitas, obyek fasilitas, persyaratan dokumen, lampiran permohonan, pemberian rekomendasi pembebasan bea masuk, proses permohonan, ketentuan perubahan keputusan pembebasan, proses penyelesaian barang eks fasilitas, timeline, ketentuan pemindahtanganan, eksport kembali dan pemusnahan, permasalahan yang sering terjadi dan pelayanan permohonan.

Dijelaskan dalam paparan bahwa barang untuk keperluan penelitian dan pengembangan ilmu pengerahuan adalah barang dan/atau peralatan yang benar-benar digunakan untuk memajukan ilmu pengetahuan termasuk penelitian atau percobaan guna peningkatan atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Fasilitas yang diberikan adalah bea masuk dan cukai dibebaskan, tidak dipungut PPN dan/atau PPnBM dikecualikan PPh pasal 22 Impor. Subyek fasilitas adalah PTN/PTS, Kementerian/Lembaga, Badan Usaha (BU). Janji layanan : secara manual tiga hari kerja, secara otomasi lima jam kerja.

Jika menghendaki informasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan informasi :