PERINGATAN HARI ULANG TAHUN (HUT) KE-75 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020


 

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (R.I.) jatuh pada hari Senin tanggal 17 Agustus 2020. Dalam suasana pandemi Covid-19, upacara peringatan HUT ke – 75 Kemerdekaan RI di masing-masing satker di lingkungan Kementerian Kesehatan R.I. dilaksanakan secara virtual sesuai dengan instruksi Sekjen Kementerian Kesehatan R.I. nomor UM.02.02/VII/2666/2020 tanggal 5 Agustus 2020.  Dalam instruksi tersebut upacara peringatan HUT ke – 75 Kemerdekaan RI, dapat diikuti melaui media massa seperti televise, radio, dan portal media online. Di wilayah D.I. Yogyakarta, Pemda D.I.Y. memiliki link live streaming Upacara Pengibaran Bendera dan Upacara Penurunan Bendera dalam rangka Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan R.I. Tahun 2020 yang dilaksanakan di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Turut memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan R.I., seluruh pegawai Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta mengikuti upacara peringatan HUT ke – 75 Kemerdekaan R.I. secara virtual dari tempat tinggal masing – masing. Upacara virtual diikuti melalui siaran televisi nasional dan link live streaming Pemda DIY di https://www.youtube.com/HumasJogja,  website http://jitv.jogjaprov.go.id atau melalui kanal youtube JITV PEMDA DIY. Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan R.I. di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta dimulai pukul 07.00 WIB (sebelum pelaksanaan upacara di Istana Merdeka Jakarta) sedangkan Upacara Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB. Kedua pelaksanaan upacara peringatan tersebut dilaksanakan secara sederhana khidmad, sangat minimalis, dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan memanfaatkan sarana teknologi. Untuk upacara penurunan bendera, Pemda D.I.Y. menyelenggarakan pada pukul 17.00 WIB bertempat di Halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta bersamaan dengan upacara penurunan bendera di Istana Merdeka Jakarta.

Presensi pegawai BBTKLPP Yogyakarta dalam mengikuti upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan R.I. baik pengibaran bendera maupun penurunan bendera disampaikan melalui link https://bit.ly/UpacaraHUTRI57BTKLjogja dengan menyertakan bukti foto bahwa telah mengikuti upacara tersebut. Dengan semangat kemerdekaan pegawai BBTKLPP Yogyakarta secara khidmat mengikuti upacara pengibaran dan penurunan bendera sebagai bentuk penghargaan kepada jasa para pahlawan atas perjuangannya mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia dan bentuk kecintaan kepada tanah air dan bangsa Indonesia. Kemerdekaan adalah kesempatan. Mari kita isi kemerdekaan ini dengan karya membangun bangsa demi Indonesia Maju. Merdeka!!!!