SELEKSI KOMPETENSI BIDANG CASN FORMASI TAHUN 2019 KEMENTERIAN KESEHATAN R.I. TA 2020


Pada tanggal 8 dan 9 September 2020 bertempat di Kantor Regional I BKN telah dilaksanakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CASN Kementerian Kesehatan R.I. Regional DIY dengan metode Computer Assisted Test (CAT). Kegiatan yang diikuti oleh 429 peserta ini merupakan seleksi lanjutan bagi yang lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SDK) yang telah dilaksanakan pada bulan Februari 2020. 

SKB dilaksanakan oleh Tim Seleksi Pengadaan CASN Kementerian Kesehatan R.I. Regional DIY bekerjasama dengan Kanreg I BKN. Tim seleksi pengadaan CASN Kementerian Kesehatan R.I. untuk wilayah DIY terdiri dari Poltekkes Kemenkes R.I., RSUP Dr. Sardjito, Kantor Kesehatan Pelabuhan Yogyakarta, dan BBTKLPP Yogyakarta ini diketuai oleh Joko Susilo, S.K.M., M.Kes. dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Bertugas sebagai panitia seleksi dari BBTKLPP Yogyakarta adalah Dr. dr. Irene, M.K.M., Sayekti Udi Utama, S.K.M., M.Kes., Pama Rahmadewi, S.K.M., Sri Iriyani, S.E., Christina Handayani, S.H., dan Mardiansyah, S.Kom..

Pelaksanaan SKB Formasi Tahun 2019 Kementerian Kesehatan R.I. dilaksanakan di Kanreg BKN sebanyak 2 sesi per hari. Pada hari pertama, SKB dilaksanakan di sesi 2 dan 3, sedangkan pada hari kedua SKB dilaksankan di sesi 1 dan 2. Jumlah peserta SKB pada hari pertama terdaftar sebanyak 246 orang, namun hanya 244 orang yang hadir dan mengikuti seleksi, sedangkan pada hari kedua jumlah peserta SKB terdaftar 188 orang namun seleksi hanya dihadiri dan diikuti 185 orang. Sebelum mengikuti SKB dengan metode CAT, peserta SKB harus mengikuti prosedur pelaksanaan CAT BKN sesuai protokol pencegahan Covid 19 antara lain peserta terlebih dahulu melakukan pengukuran suhu tubuh, melakukan cuci tangan pakai sabun, melakukan rekam jejak bagi peserta yang memiliki riwayat pernah atau sedang bekerja di lingkungan Kementerian Kesehatan R.I., menitipkan barang bawaan yang tidak diperlukan, pemeriksaan body screening untuk metal detektor, dan scan barcode untuk mendapatkan PIN. Setelah mengikuti prosedur tersebut barulah peserta dapat memsuki ruang seleksi dengan metode CAT. Pada sesi ke 2 hari pertama SKBterdapat 1 peserta yang suhu tubuhnya di atas 37º C. Peserta tersebut kemudian dimintakan rekomendasi dari tim kesehatan dan tetap dapat mengikuti seleksi di ruang terpisah yang disediakan panitia.

Adapun jatah untuk BBTKLPP Yogyakarta untuk formasi tahun 2019 terdiri dari 1 orang perencana, 1 orang pranata laboratorium kesehatan, dan 1 orang pranata komputer. Semoga dengan kegiatan seleksi penerimaan CASN ini dapat menghasilkan SDM di lingkungan Kementerian Kesehatan R.I. yang berkualitas.