ZOOMINAR PERAN SAKA BAKTI HUSADA DALAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT PADA KONDISI BENCANA/KLB/WABAH COVID-19


Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta mempunyai tugas untuk melakukan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit. Terkait Pandemi COVID-19, BBTKLPP Yogyakarta perlu untuk lebih meningkatkan kerjasama dengan berbagai sektor baik di lingkup pemerintahan maupun lembaga non pemerintah dalam melakukan upaya penanggulangan COVID-19. Saka Bakti Husada adalah lembaga non pemerintah yang bergerak di sektor kesehatan. Selama ini BBTKLPP Yogyakarta telah berperan aktif dalam pembinaan SBH, dengan masuknya BBTKLPP Yogyakarta dalam kepengurusan SBH di DIY maupun di tingkat Kwartir. Untuk itu, guna meningkatkan peran SBH dalam upaya penanggulangan penyakit COVID-19, BBTKLPP Yogyakarta menyelenggarakan Zoominar “Peran Saka Bakti Husada dalam Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Kondisi Bencana/KLB/Wabah COVID-19”.
Zoominar diselenggarakan pada hari Selasa, tanggal 16 Maret 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 660 peserta melalui zoominar dan live streaming dari youtube. Kegiatan dibuka oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, kakak Dr. dr. Irene, MKM. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan mengenai latar belakang diselenggarakannya Zoominar ini dan akan dipaparkannya peran SBH dalam penanggulangan COVID-19 ditinjau dari berbagai aspek yaitu dalam krida bina lingkungan sehat, perilaku memilih dan mengkonsumsi makanan, serta SBH sebagai agen perubahan perilaku yang akan disampaikan oleh tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya. Di akhir sambutan beliau menyampaikan harapannya agar BBTKLPP Yogyakarta serta kakak-kakak Pembina dan adik-adik SBH yang mengikuti seminar baik melalui zoominar maupun youtube dapat berperan aktif dalam penanggulangan COVID-19, sehingga SBH akan semakin maju perannya dalam pencegahan dan pengendalian penyakit dan pandemi COVID-19 ini dapat segera berakhir.
Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh tiga narasumber. Materi pertama “Penerapan Krida Bina Lingkungan Sehat dalam kondisi Bencana/KLB/Wabah” disampaiakan oleh Kakak Dr. P.A. Kodrat Pramudho, SKM. M.Kes, belaiu adalah anggota mabisaka Bakti Husada Tk.nasional. Materi kedua ”SBH sebagai Agen Perubahan Perilaku dalam Penerapan 5M di Masyarakat dalam Penanggulangan COVID-19” disampaikan oleh Kakak Drs. Arifin Budiharjo selaku wakil ketua Bidang Binamuda, Kwarda gerakan Pramuka DIY. Materi ketiga “Perilaku Memilih dan Mengonsumsi Makanan/Minuman dalam Masa Pandemi COVID-19” disampaikan oleh Kakak Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes, beliau adalah ketua umum PP HAKLI yang juga guru besar Fikes UIN Syarif Hidayatullah. Proses penyampaian materi dan tanyajawab dimoderatori oleh Kakak Dien Arsanti, SKM., M.Env.
Acara ditutup dengan pesan dari kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene MKM, yang mengajak adik-adik SBH untuk bisa memberikan sumbangsih dalam pencegahan dan pengendalian penyakit, sebagaimana tadi sudah disampaikan oleh narasumber, dengan berperan serta dalam penyehatan lingkungan, atau menjadi agen perubahan perilaku dengan menjadi duta perubahan perilaku serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadi konsumen yang sadar dan kritis dalam memilih dan mengkonsumsi makanan.