PENILAIAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI (WBBM) BBTKLPP YOGYAKARTA OLEH TIM PENILAI INTERNAL KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA


Pembangunan Zona Integritas BBTKLPP Yogyakarta menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Besih Melayani (WBBM) telah melewati tahapan diperolehnya WBK di tingkat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada tahun 2020. Tahapan selanjutnya yaitu pembangunan BBTKLPP Yogyakarta sebagai WBBM yang diawali dengan Self Assessment oleh Tim Penilai Internal (TPI) Kementerian Kesehatan RI ini secara daring pada tanggal 31 Maret dan 1 April 2021.

Penilaian diawali dengan acara pembukaan yaitu menyanyikan Indonesia Raya, yel yel WBK WBBM oleh Tim Pembangunan ZI menuju WBK WBBM BBTKLPP Yogyakarta, sambutan dan presentasi oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, dan tanggapan oleh perwakilan Tim Penilai Internal Kemenkes.

Tim penilai yang hadir yaitu Bapak Ns. Sardi, S.Kp., M.Kep. (Auditor Ahli Madya Inspektorat Investigasi), Bapak Yuli Kurniawan, S.K.M., M.K.M. (Auditor Ahli Muda Inspektorat Jenderal), Bapak Ichwan Perdana, S.H. (Auditor Ahli/Analis Pengawasan Inspektorat Investigasi), dan Ibu Nur Budi Astuti.

Selanjutnya, sambutan dan presentasi oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Ibu Dr. dr. Irene, M.K.M. Beliau menyampaikan tentang sejarah, tahapan, dan prestasi yang telah dicapai dalam pembangunan zona integritas di BBTKLPP Yogyakarta. Kemudian tanggapan dari TPI Kemenkes diwakili oleh Ns. Sardi, S.Kp., M.Kep. menyampaikan bahwa tahapan penilaian WBBM tidak lagi fokus pada faktor pengungkit, namun menjelaskan tentang usaha-usaha yang telah dilakukan. Tim melihat dengan segala keterbatasan, ada semangat dan penyesuaian diri dalam kondisi pandemi ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan desk masing-masing pokja dengan TPI Kemenkes. Pada tanggal 31 Maret 2021 dilakukan desk Pokja I dan II dengan Bapak Sardi, Pokja III dengan Ibu Nur Budi Astuti, Pokja IV dan V dengan Bapak Yuli Kurniawan, dan Pokja VI dengan Bapak Ichwan Perdana. Kemudian pada tanggal 1 April 2021 dilakukan lanjutan desk Pokja V dengan Bapak Yuli Kurniawan. Hasil penilaian ini akan ditelaah oleh TPI Kemenkes, sedangkan masukan-masukan dari TPI yang telah disampaikan secara langsung dapat ditindaklanjuti oleh masing-masing Pokja.