N HOUSE TRAINING PENERAPAN KOMUNIKASI UNTUK PERUBAHAN PERILAKU DALAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN COVID-19


Pada tanggal 12 April 2021 BBTKLPP Yogyakarta menyelenggarakan In House Training Penerapan Komunikasi Perubahan Perilaku Dalam Pencegahan Dan Pengendalian COVID-19. Peserta IHT sejumlah 30 orang terdiri dari Koordinator dan subkoordinator, dan pejabat fungsional teknis dari Bidang ADKL, SE, PTL dan Bagian Tata Usaha serta dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Yogyakarta. Materi IHT meliputi pengantar komunikasi untuk perubahan perilaku dan penerapan komunikasi untuk perubahan perilaku dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19. Narasumber berasal dari Departemen Ilmu Perilaku, Lingkungan dan Sosial Kedokteran, FKKMK UGM.
Kegiatan IHT diawali dengan sambutan dari Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, MKM., yang sekaligus membuka acara IHT secara resmi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ini adalah pertemuan tatap muka pertama yang diselenggarakan oleh BBTKLPP Yogyakarta sejak pandemi COVID-19. Hal ini perlu dilakukan karena dengan tatap muka diharapkan materi dapat tersampaikan dengan lebih jelas dan memungkinkan peserta untuk berkomunikasi dengan lebih interaktif tanpa terkendala jaringan. Selain Itu peserta yang hadir adalah tenaga kesehatan yang sudah divaksin COVID-19 dan patuh terhadap protokol kesehatan yang diterapkan selama pertemuan berlangsung. Lebih lanjut disampaikan bahwa di BBTKLPP Yogyakarta akan ada penambahan instalasi perubahan perilaku sehingga diharapkan dari IHT ini akan menambah pengetahuan mengenai perubahan perilaku. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber dari UGM yaitu Prof. Dra. R.A. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D. Disampaikan bahwa perubahan perilaku secara teori terdiri dari beberapa tahapan dimana pendekatan yang harus dilakukan akan berbeda dalam setiap tahapnya. Lebih lanjut disampaikan bahwa pendekatan yang diterapkan dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19 untuk merubah perilaku ada yang bersifat memaksa dan tidak memaksa. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dan ditutup dengan kesimpulan dari narasumber bahwa untuk melakukan perubahan perilaku penting untuk dilakukan assessment terlebih dahulu, jangan lupa untuk melakukan kemitraan dengan berbagai sektor dan gunakan berbagai saluran agar perubahan perilaku yang diharapkan dapat segera tercapai.
Acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari Kepala BBTKLPP Yogyakarta kepada narasumber yang telah berbagi ilmu dan harapan bahwa narasumber berkenan untuk memberi bimbingan kepada peserta atau BBTKLPP Yogyakarta dalam mengembangkan instalasi perubahan perilaku yang akan dibentuk.