SOSIALISASI HASIL SPENDING REVIU TAHUN 2020 DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS BELANJA PEMERINTAH


Pada tanggal 24 Mei 2021 BBTKLPP Yogyakarta ikut berpartisipasi mengikuti Kegiatan Sosialisasi Hasil spending reviu Tahun 2020 dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Belanja Pemerintah yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY dengan menugaskan satu orang Perencana dan satu orang staf PPK untuk mengikuti pertemuan tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan di Sartini Inn Jogja, Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta ini fokus pada pemaparan hasil spending reviu tahun 2020 untuk pembelajaran dalam pengambilan kebijakan dan pelaksanaan anggaran di tahun 2021.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala Kantor Kanwil DJPb Provinsi DIY Bapak Sahat MT. Panggabean. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan terkait tujuan dan manfaat spending reviu serta pentingnya penyampaian hasilnya ke Satker dimana muaranya adalah sebagai pembelajaran untuk menentukan langkah kebijakan ke depan mengaca dari hasil reviu. Sebelum membuka acara secara resmi Beliau juga menyampaikan secara ringkas hasil temuan spending reviu dan rekomendasi penanggulangannya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan Materi oleh Plt Kepala Bidang PPA I Bapak Tamiru dan Fungsional teknis Ibu Mardiyah secara simultan. Materi yang disampaikan diawali dengan pengantar sosialisasi oleh Bapak Tamiru. Beliau menjelaskan perbedaan spending reviu tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Spending reviu tahun ini lebih panjang prosesnya dan membutuhkan waktu lebih lama karena harus mereviu 4 tahapan mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan (Reviu mekanisme belanja), Output dan Outcome. Sedangkan Impact dinilai di tahun setelahnya. Dari hasil spending reviu secara Nasional terdapat penurunan belanja sebesar 12,38 % dibandingkan tahun 2019 karena efek dari adanya pandemi Covid-19 terkait pembatasan kegiatan, perjalanan dan pertemuan. Tapi untuk Provinsi DIY sendiri realisasi belanja masih melampaui target yang ditetapkan.

Di sela pemaparan seluruh peserta dan panitia bersama-sama mendengarkan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan sikap sempurna dalam rangka pelaksanaan surat edaran Gubernur tentang memperdengarkan lagu Indonesia Raya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan secara rinci hasil spending reviu oleh Ibu Mardiyah dari masing-masing tematik yang telah ditentukan pemerintah pusat mulai dari Tematik Kesehatan, Infrastruktur sampai pendidikan serta rekomendasi untuk alternatif kebijakan pelaksanaan di tahun 2021.  Sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu kembali oleh Bapak Tamiru mengakhiri acara sosialisasi tersebut. Dari pemaparan dan diskusi, kesimpulan yang dapat ditarik untuk pelaksanaan di tahun selanjutnya adalah setiap satuan kerja harus memperhatikan betul terkait capaian output yang dihasikan dari anggaran yang telah diterima mulai dari perencanaan outputnya, pelaksanaan pencapaiannya sampai memperoleh outcome dan membawa dampak kemanfaatan kepada Masyarakat secara nyata.

Salam Sehat