PERTEMUAN TEKNIS LABORATORIUM DAN PENYELENGGARA UJI PROFISIENSI OLEH KOMITE AKREDITASI NASIONAL


Pada tanggal 3 Juni 2021 Komite Akrediirasi Nasional (KAN) menyelenggarakan pertemuan teknis di Pendopo Parang Kencono - Queen of The South Hotel, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dihadiri oleh perwakilan laboratorium dan penyelenggara uji profisiensi yang sudah  terakreditasi KAN sebanyak 41 laboratorium yang berlokasi di wilayah D. I.Y dan sekitarnya. Semua peserta yang mengikuti pertemuan  harus melakukan swab antigen dengan hasil negatif dan menerapkan protokol Kesehatan selama acara berlangsung untuk mencegah terjadinya  penularan COVID-19

Tujuan pertemuan untuk mensosialiasasikan perkembangan terkini kebijakan KAN serta sebagai forum komunikasi  antara KAN dan laboratorium.   Dalam pertemuan ini dari BBTKLPP Yogyakarta diwakili oleh Indah Nur haeni dan Nila Cakrawati.

Acara diawali dengan pembukaan dan penyampaian materi Perkembangan Akreditasi oleh Sekretaris Jenderal KAN,   Donny Purnomo, J.E, S.T. Beliau menyampaikan bahwa  dalam era globalisasi saat ini, kualitas produk yang dikomersilkan harus memperhatikan kualitas dan standar mutu. Peran laboratorium pengujian penting dalam mendukung pemastian kualitas suatu produk. Hasil pengujian harus bisa diakui secara nasional dan internasional dengan pembuktian terakreditasi oleh KAN. 

Titik Kritis Impelementasi  Syarat dan Aturan KAN oleh Fajarina Budiantari, S.TP, M.Si; Ketertelusuran Peralatan oleh Prof. Kuwat Triyana dan Titik Kritis Implementasi SNI ISO/IEC 17025:2017 oleh DR.Tri Joko Raharjo.

Acara dilanjutkan diskusi dan kuiz. Penutupan acara oleh Sekretaris jenderal KAN yang menyampaikan supaya laboratorium aktif berkomunikasi dengan personil KAN sehingga  kalau  ada permasalahan dapat segera terselesaikandan  status akreditasi dapat tetap dipertahankan. Setelah acara selesai peserta masih bisa berdiskusi dengan pengelola akreditasi dari KAN.